Jumat, 10 Februari 2017

Tugas Kelompok 1 Aditya Rahman

PENELITIAN 52 WEB APLIKASI

Aditya Rahman (1506058)
Agus Nugraha  (1506045)
Rizky Amrulloh (1506018)

Sekolah Tinggi Teknologi Garut
Jl. Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia

Email : 1506058@sttgarut.ac.id
                     
                
Abstrak – Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.


I. PENDAHULUAN

Pengertian website dan jenisnya – Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Atau definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet.

Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

II. PEMBAHASAN

Kata statistic bukan merupakan kata dari bahasa Indonesia asli, secara etimologis kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartikansebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. Namun, pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada "kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)" saja; bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik.
Seiring berjalannya waktu kata statistic tidak lagi dibatasi untuk kepentingan-kepentingan Negara saja tapi sudah digunakan dalam keseharian untuk mempermudah masyarakat untuk menganalisis sesuatu yang berkaitan dengan data-data.
Sehingga setelah masyarakat memahami statistic dan mulai mempergunakannya dalam kehidupan sehari munculah berbagai macam nama statistic.
Statistic yang menjelaskan sesuatu hal biasanya diberi nama statistic mengenai hal yang bersangkutan didalamnya, contohnya kumpulan data yang membahas tentang tingkat produksi suatu perusahaan dinamakan statistic produksi.
Banyak persoalan baik itu seperti penelitian ataupun pengamatan yang dinyatakan dalam bentuk bilangan atau angka-angka.

Kumpulan angka-angka disusun atau diatur dan disajikan dalam tabel (terkadang dilengkapi dengan gambarbaik berupa iagrm maupun grafik, hal ini dilakukan bertujuan untuk mempermudah menjelaskan isi dari data) seperti berikut mungkin bisa membantu anda memahami statistic lebih lanjut.

Tabel Analisis 52 Website

Jumlah website yang kami analisis berjumlah sebanyak 52 website yang terdiri dari website aplikasi luar negeri dan dalam negeri. Adapun hasil analisis kami sajikan dalam bentuk table yang di bagai menjadi 2 yaitu  :
A.    Tabel Luar Negeri
B.     Tabel Dalam Negeri

A.    Tabel Dalam Negeri

B.     Tabel Luar Negeri


Diagram Analisis Web
a.     Diagram Organisasi : Dari semua website yang kami analisis semuanya milik swasta tidak ada yang di olah oleh pemerintah


a.       Diagram Teks
Untuk semua website yang kami analisis semuanya memiliki teks didalamnya

b.      Diagram Warna
Untuk Warna Kebayakan menggunakan warna putih

c.       Diagram Layout
Untuk layout kebnyakan menggunakan tengah dan kanan

d.      Diagram Image
Dari semua website yang kami teliti kebanyakan memiliki gambar , hanya sebagian kecil saja yang tidak memiliki gambar

e.       Diagram Video
Dari semua website hamper tidak ada yang didalam nya tedapat konten video

f.       Diagram Animasi
Untuk animasi kebanyakan memiliki animasi

g.      Diagram Iklan
Dari semua website ada beberapa yang tidak memiliki dan kebanyakan mengandung iklan di dalamnya


III. KESIMPULAN

          Dari Penelitian diatas kelompok kami menarik kesimpulan bahwa untuk Website APLIKAS , umumnya warna yang banyak digunakan PUTIH untuk layout umunya ada di posisi kanan dan tengah, dan setiap web semua terdapat Teks, tpi terkadang ada beberapa  yang tidak memiliki gambar.
            Untuk animasi kebanyakan tidak ada animasi dalam web dan untuk iklan dalam web aplikasi kebanyakan memiliki iklan, dan hanya sebagian kecil saja yang website nya di lengkapi video

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Individu 3 Laporan Blogger

LAPORAN ANALISIS BLOG KUMPULAN TUTORIAL & PREDIKSI PENAYANGAN Aditya Rahman (1506058) Jurnal Rekapan Blogger & Prediksi Penay...