Selasa, 28 Maret 2017

Tugas Individu 3 Laporan Blogger

LAPORAN ANALISIS BLOG KUMPULAN TUTORIAL & PREDIKSI PENAYANGAN
Aditya Rahman (1506058)

Jurnal Rekapan Blogger & Prediksi Penayangan
Sekolah Tinggi Teknologi Garut
Jl. Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia

Email : 1506058@sttgarut.ac.id


Abstrak – stkbisnis.blogspot.co.id / blog kumpulan tutorial ini merupakan sebuah blog yang membahas tentang tips dan tutorial pembelajaran tentang informatika. Blog tersebut dibuat sekitar pada bulan februari 2017 dan sampai saat ini masih berjalan, total tayangan lamannya telah mencapai 292 tayangan dan akan terus bertambah seiring bertambahnya pengunjung blog. Dengan data-data yang terdapat pada blog tersebut, maka dibuatlah sebuah laporan untuk meneliti bagaimana blog tersebut dikelola. Informasi yang disajikan pada laporan berupa informasi mengenai statistik penayangan pada blog yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.

Kata KunciKumpulan tutorial, stkbisnis.blogspot.co.id, jurnal blogger kumpulan tutorial, laporan blogger

I.                   PENDAHULUAN
Blogger, sebenarnya sebuah istilah yang sudah tidak asing untuk orang-orang yang sehari-hari bergelut dengan bidang internet. Namun sayangnya, ternyata bagi sebagian orang istilah Blogger belum terlalu akrab di telinga mereka. Ada yang bilang jadi blogger itu bisa menghasilkan uang, ada juga yang bilang kalau blogger bisa jadi terkenal bak selebritis? Apakah itu benar? Tentu saja benar. Dengan jadi blogger, Anda bisa jadi artis, jadi pengusaha, jadi apa saja yang Anda mau. Contohnya ya banyak, seperti Raditya Dika itu lho. Raditya Dika dulunya kan blogger, eh karena menjadi blogger dia bisa jadi penulis.
Mengenai mendapatkan uang dengan menjadi blogger itu benar sekali, seorang blogger bisa menghasilkan uang. Bahkan tak sedikit orang yang berprofesi sebagai blogger untuk memenuhi kebutuhan dan nafkah hidup keluarganya. Ada banyak blog yang bertebaran di internet, salah satunya adalah blog yang membahas mengenai tips dan tutorial tentang informatika ini yaitu stkbisnis.blogspot.co.id. Blog tersebut mengambil judul ‘KUMPULAN TUTORIAL’. Tujuan dibuatnya blog tersebut adalah untuk memberikan informasi yang mudah – mudahan bermanfaat bagi pengunjung sekaligus untuk menyelesaikan salah satu tugas mata kuliah di Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
II.                URAIAN PENELITIAN

A.    Tahap Pengumpulan Data
Pengumpulan data yang dilakukan terhadap blog diperoleh dari menu blogger yaitu statistic dimana dalam menu tersebut ada yang menayangkan dari hari ke hari . Pengumpulan data dimulai dari tanggal 28 februari 2017 sampai dengan selesai.
B.     Tahap Rekap Data
Tahap ini dilakukan menggunakan software Microsoft excel 2013 dengan menuliskan data-data dari tahap pengumpulan data.
C.    Tahap Pembuatan Statistik
Setelah data direkap kemudian data dikelompokan untuk memperoleh statisik dan dibuat dalam bentuk grafik.
III.             HASIL PENELITIAN


      a. Data Penayangan/Hari Blogger Kumpulan Tutorial

grafik 1. data penayangan/hari
Jumlah penayangan terbesar yaitu pada pada hari ke 8 dengan jumlah penayangan laman sebanyak 28. Untuk memperoleh pengunjung yang banyak penulis selalu mengupdate artikel setiap minggunya, mempromosikan artikel yang telah dibuat ke media social seperti facebook,.
b.      Data Tabel Situs Prunjuk
NO
ENTRI
PENAYANGAN
1
statprob8.blogspot.co.id
14
2
m.facebook.com
11
3
www.google.com
11
4
ibn.adreach.co
6
5
www.google.co.id
5
6
stkbisnis.blogspot.com
4
7
yandex.ru
3
8
lm.facebook.com
2
tabel 1. data table situs
Dari statistik pada url perujuk dan situs perujuk, jumlah penayangan terbanyak terdapat pada entri statprob8.blogspot.co.id, hal tersebut terjadi karena mungkin blog saya banyak di jadikan sebagai referensi .
c.      Data Penayangan Menurut Negara

grafik 2 data penayangan menurut negara
Pada Grafik diatas dapat kita lihat total penayangan terbesar terdapat di negara Indonesia, karena blog tersebut menggunakan Bahasa Indonesia, pada setiap artikelnya, otomatis kebanyakan  pengunjung yang membacanya adalah orang dari negara Indonesia.
d.      Data Penayangan Menurut Browser 
grafik 3 data penayangan menurut browser
Pada Grafik diatas terlihat dari  semua browser yang mengaskes bloger saya kebanyakan menggunakan Chrome, mungkin karena google chrome merupakan browser yang popular sekaligus tercepat dan ringan saat ini.
e.      Data Penayangan Menurut Sistem Operasi  

grafik 4 data penayangan menurut system operasi

Kenapa grafik di atas menunjukan bawha pengguna system operasi yang mengunjungi blog saya adalah windows karena mungkin kebanyakan pengunjung blogger saya rata – rata adalah orang Indonesia dan di Indonesia merupakan salah satu pengguna system operasi windows terbanyak.
f.      Kesimpulan data Survei Kuisoner 





gambar 3 data survey kuisoner
Dari data yang telah saya kumpulkan dapat di simpulkan, bawha kebanyakan orang sudah pernah mengunjungi blogger saya,lalu blogger saya menarik, kebanyakan orang mengetahui blogger saya dari facebook, untuk pemilihan template cukup bagus, perpaduan warna dan judul cukup baik , lalu system operasi menggunakan windows dan perlu menyediakan link download.
Adapun beberapa saran dari pengisi kuisoner , program client server penjualan, tutorial vector, tutorial hacking dan sarannya berupa : Menurut Saya Sudah cukup bagus, perbanyak program yang diposting, lebih bagus desainnya, kalau bisa sediakan video tutorial juga
g.      Data Prediksi Hari ke – 19
Table data penayangan hari ke hari, ket : x sebagai kode pengganti hari dan y sebagai jumlah data penayangan perhari :
No.
X
Y
1
-17
2
2
-15
1
3
-13
3
4
-11
3
5
-9
1
6
-7
3
7
-5
1
8
-3
28
9
-1
7
10
1
13
11
3
13
12
5
2
13
7
6
14
9
6
15
11
9
16
13
10
17
15
6
18
17
2
19
19
9.0322
Rumus :
·         Rumus prediksi lurus : y = 0.1362x + 6.4444
·         Rumus prediksi tidak lurus : y = -0.0214x2 + 0.1789x + 8.9869
Diagram Prediksi :
Prediksi Hari ke 19 : 9.0322 yang di ingkinkan
Ket :
·         Garis Biru merupakan garis lurus yang di inginkan (Trend) predisi yang di inginkan
·         Garis orange merupakan garis prediksi tidak lurus yang di inginkan (garis musim)
·         Garis hitam merupakan garis siklus, atau keadaan yang sebenarnya



IV.                   KESIMPULAN

Blog bukan hanya tentang menulis artikel saja, tetapi blog juga perlu pengelolaan yang baik oleh pemiliknya. Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak kita perlu melakukan promosi konten/artikel seperti bagaimana kita melakukan promosi untuk berjualan barang dagangan. Artikel yang dibuat juga harus berkualitas untuk memberikan kepuasan bagi pengunjung yang membaca artikel yang kita buat. Blog juga bisa kita gunakan untuk mencari penghasilan tambahan dengan mendaftarkannya ke penyedia iklan seperti Google Adsense, disamping memberikan informasi yang berguna kita juga mendapatkan penghasilan dari blog yang kita kelola.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Individu 3 Laporan Blogger

LAPORAN ANALISIS BLOG KUMPULAN TUTORIAL & PREDIKSI PENAYANGAN Aditya Rahman (1506058) Jurnal Rekapan Blogger & Prediksi Penay...